LANGKAH AWAL TINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN INKLUSIF: GPK MTS TERPADU AR ROIHAN IKUTI PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR

 


Dalam rangka mempersiapkan tahun ajaran baru dan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, MTs Terpadu Ar Roihan menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka khusus bagi para Guru Pendamping Khusus (GPK) pada Jumat (11/7). Kegiatan ini berlangsung di Gedung 2 MTs Terpadu Ar Roihan Lawang dan diikuti oleh seluruh Guru Pendamping Khusus yang berjumlah 10 orang.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman para Guru Pendamping Khusus mengenai penyusunan modul ajar yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, terutama yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Hadir sebagai pemateri yaitu Yuni Padmi, S.H., yang juga menjabat sebagai Koordinator Litbang MTs Terpadu Ar Roihan Lawang.

Dalam sesi penyampaian materi, Yuni Padmi mengulas secara menyeluruh tentang prinsip dasar Kurikulum Merdeka, struktur modul ajar, serta langkah-langkah teknis penyusunannya. Materi disampaikan secara bertahap, mulai dari pengenalan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), hingga praktik langsung dalam menyusun Modul Ajar yang kontekstual dan inklusif.

Kegiatan pelatihan dikemas secara interaktif melalui diskusi, sesi tanya jawab, dan praktik penyusunan modul ajar. Para peserta tampak antusias dan aktif dalam mengikuti setiap sesi.

"Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap Guru Pendamping Khusus memiliki kemampuan menyusun modul ajar secara mandiri, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Harapannya, seluruh GPK mampu membuat modul yang baik, benar, dan kontekstual," ungkap Khusniatul Khukmi, S.Pd., selaku koordinator inklusi MTs Terpadu Ar Roihan.

Ia menambhkan. “Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen madrasah dalam mewujudkan pendidikan inklusif dan bermutu. Dengan adanya pelatihan ini, madrasah berharap setiap guru mampu mendampingi siswa secara optimal, tidak hanya dari sisi pembelajaran tetapi juga dalam pengembangan karakter dan potensi siswa.”

“Sebagai madrasah yang berkomitmen pada pendidikan inklusif, MTs Terpadu Ar Roihan akan terus mengadakan berbagai program pengembangan profesionalisme guru, khususnya dalam menghadapi tantangan implementasi Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal yang strategis agar para guru pendamping khusus lebih siap dalam merancang pembelajaran yang bermakna dan ramah bagi seluruh siswa. Dengan sinergi yang kuat antara madrasah, guru, dan tim kurikulum, diharapkan mutu layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus akan semakin meningkat.” pungkasnya.(lat)  

Comments

Popular posts from this blog

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

Pendaftaran Online Peserta Didik Baru MTs. Terpadu Ar-Roihan

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022