PRESTASI MEMBANGGAKAN TIM KARYA TULIS ILMIAH MTS TERPADU AR ROIHAN RAIH GOLD DAN SILVER MEDAL DALAM AJANG INTERNASIONAL

 




Tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) MTs Terpadu Ar Roihan kembali raih prestasi membanggakan dalam  Even Global Competition for Life Science 2024 (Glocolis) yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scienctist Award (IYSA). Melalui penelitian yang mendalam dan  karya tulis ilmiah yang inovatif keduanya  berhasil membawa pulang gold medal dan silver medal.

Dalam penelitian berjudul “Transforming Watercress (Nasturtium officianale R.Br) into Teen-Friendly Nuggets”, yang ditulis oleh tim Rasya Rezky Praditya (9B), Haniyah Mahira (9A), dan Cameziqu Ozinolla Qitano (9A) berhasil meraih silver medal  kategori food science and nutrition  yang digelar secara daring pada Jumat (30/8).

Rachima Dianovitasari Divian Khass, S.Pd. menjelaskhan, “Penelitian ini bertujuan untuk mengubah selada air (Nasturtium officinale R. Br) menjadi produk pangan ramah remaja dengan cara memasukkannya ke dalam nugget ayam. Tujuannya untuk meningkatkan daya tarik sayuran ini di kalangan remaja, karena biasanya kurang menyukai selada air meskipun kandungan antioksidannya tinggi.”

“Temuan ini menunjukkan bahwa selada air dan nugget ayam adalah pilihan yang tepat dan bergizi untuk meningkatkan asupan sayuran di kalangan remaja.” sambungnya.

Penelitian berjudul “From Fermented Soy to Sweet Treats: The Biotechnological Journey  of Tempeh to Ice cream” ditulis oleh tim Ariki Rainald Achjar (9B), Lathifah Rahma Rahmadani (9A), dan Yulia Dayuk Kusuma (9A) berhasil meraih goold medal kategori  food science and nutrition yang digelar secara luring di Universitas Muhammadiyah Malang Sabtu (31/08).

“Sedangkan penelitian kedua,  tim KTI mengeksplorasi pengembangan dan evaluasi es krim berbahan dasar tempe, yakni sebuah produk inovatif yang dirancang untuk mengatasi kelebihan produksi tempe di pasar lokal seperti Pasar Tradisional Lawang.” jelas Rachima.

“Temuan ini menyoroti potensi es krim berbahan dasar tempe sebagai pilihan makanan penutup bergizi dan menarik yang mendukung praktik pangan berkelanjutan dengan memanfaatkan kelebihan tempe. Es krim berbahan dasar tempe tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan tetapi juga sejalan dengan meningkatnya permintaan akan produk makanan nabati dan ramah lingkungan.” sambungnya.

Prestasi ini tidak lepas dari dukungan bapak dan ibu guru MTs Terpadu Ar Roihan, khususnya Kepala Madrasah Redite Kurniawan, M.Pd., dan Rachima Dianovitasari Divian Khass, S.Pd. selaku pembimbing lomba Karya Tulis Ilmiah. Juga Nurkhayati, S.Pd. dan Anita Hudi Atiningtyas, S.Pd. yang membenatu dalam proses penelitian. Pencapaian ini juga membuktikan  bahwa peserta didik MTs  Terpadu Ar Roihan memiliki potensi besar di bidang sains.

Melalui prestasi ini, semoga dapat meningkatkan kepercayaan diri, memotivasi untuk terus berkarya dan dapat menjadi nilai tambah dalam portofolio akademik peserta didik. Serta menjadi inspirasi bagi peserta didik  lain untuk berprestasi.(lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA