GANDENG PSIKOLOG RSJ DR RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG MTS TERPADU AR ROIHAN LAWANG ADAKAN TES IQ DAN MINAT BAKAT



MTs Terpadu Ar Roihan Lawang mengadakan tes IQ dan minat bakat bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Kegiatan berlangsung selama empat hari 7-8 Agustus 2024 dan 14-15 Agustus 2024 yang diikuti 25 peserta didik berkebutuhan khusus dari berbagai kelas dan dilaksanakan di MTs Terpadu Ar Roihan Lawang.

MTs Terpadu Ar Roihan telah menjalin kerja sama dengan psikolog RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang dan rutin mengadakan tes tersebut setiap tahunnya, tepatnya pada awal tahun ajaran baru. Adapun psikolog yang terlibat dalam pemeriksaan tersebut antara lain Daisy Prawitasari, S.Psi. M.SI., Nurul Firadusi, M.Psi., Yuni Hermawati, M.Psi., dan Dewi Nur Rizky Suryani Putri, M.Psi.

Dengan bimbingan psikolog dan guru pendamping khusus, peserta didik berkebutuhan khusus menjalani serangkaian tes yang dirancang untuk menggali kemampuan kognitif, potensi kreatif, dan minat individual mereka. Tes ini meliputi berbagai aspek, seperti logika, memori, kemampuan verbal, serta kecenderungan dalam minat dan bakat. Selain itu dalam tes tersebut turut serta menghadirkan orang tua dari masing-masing peserta untuk dilakukan observasi.

“Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi akademik serta minat dan bakat, agar pihak sekolah dapat memberikan pendidikan dan pelayanan yang lebih optimal serta tepat sasaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.” ungkap Khusniatul Khukmi, S.Pd. selaku koordinator inklusi.

“Selain itu, tes ini merupakan bagian dari komitmen madrasah dalam memberikan pelayanan pendidikan inklusif. Kami ingin memastikan setiap peserta didik, khususnya peserta didik berkebutuhan khusus, mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan potensi dan minat mereka. Hasil dari tes ini akan membantu para guru pendamping khusus dalam menyusun program pembelajaran yang lebih individual dan personal bagi mereka.” imbuhnya.

Seluruh orang tua menyambut baik kegiatan ini, mereka berharap mendapat gambaran mengenai kemampuan anak mereka. Dengan demikian, orang tua dapat lebih memahami kebutuhan anak dan mendukung perkembangan mereka di rumah.

Melalui upaya ini, MTs Terpadu Ar Roihan akan terus berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang inklusif, memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh peserta didik berkebutuhan khusus untuk berkembang sesuai dengan potensi terbaik mereka. (lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA