MTS TERPADU AR ROIHAN GELAR MATSAMA: SAMBUT HANGAT PESERTA DIDIK BARU 2024/2025

 


Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) adalah kegiatan yang rutin digelar setiap tahunya di awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini bertujuan untuk menyambut peserta didik baru. Tak hanya itu kegiatan ini juga merupakan masa orientasi bagi peserta didik baru untuk mengenal progam-program madrasah, mengenal  pendidik dan tenaga kependidikan, mengenal sarana dan prasarana madrasah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan yang ada di MTs Terpadu Ar Roihan.

MTs Terpadu Ar Roihan melaksanakan kegiatan MATSAMA selama tiga hari Senin – Rabu  (15-17/07) yang diikuti 65 peserta didik baru.  Turut terlibat dalam kegiatan tersebut pengurus OSIM dan didampingi oleh seluruh dewan guru. Kegiatan berlangsung mulai pukul 06.45-11.00 WIB,  dilaksanakan di Aula MTs Terpadu Ar Roihan dan halaman gedung baru MTs Terpadu Ar Roihan Lawang.

Di hari pertama, kegiatan MATSAMA dibuka dengan apel pagi yang dipandu oleh anggota OSIM MTs Terpadu Ar Roihan sekaligus peresmian pembukaan kegiatan MATSAMA 2024/2025 dengan penyematan tanda pengenal peserta MATSAMA oleh Kepala MTs Terpadu Ar Roihan Redite Kurniawan, M.Pd. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan yel-yel MTs Terpadu Ar Roihan dan pengenalan antar peserta didik baru oleh anggota OSIM. Selanjutnya peserta MATSAMA menyimak paparan tentang profil madrasah, visi misi madrasah, program-program madrasah, dan profil tenaga pendidk dan kependidikan yang disampaikan oleh Kepala MTs Terpadu Ar Roihan Redite Kurniawan, M.Pd., disambung paparan tentang program kurikulum madrasah yang disampaikan oleh Waka Kurikulum MTs Terpadu Ar Roihan Nurkhayati, S.Pd.

Di hari kedua, kegiatan MATSAMA diawali dengan salat Duha berjamaah. Selanjutnya peserta MATSAMA dikenalkan dengan program-program yang ada di madrasah diantaranya program kesiswaan dan sosialisasi tata tertib madrasah yang dipaparkan oleh Waka Kesiswaan Riki Setiyobudi, S.HI. Program BK oleh Lu’lu’il Mahfudloh S.Psi, Program Literasi oleh Kepala Perpustakaan Nurul Latifa, S,Pd., dan  program inklusi oleh Koordinator Inklusi Khusniatul Khukmi, S.Pd.

Di hari ketiga, setelah salat Duha berjamaah, peserta MATSAMA  dikenalkan dengan beragam ekstakulikuler yang ada di MTs Terpadu Ar Roihan. Diantaranya ekstrakulikuler KTI, Basket, Qiroah, Enterpreneur, Fotografi, Futsal, PMR, Hidroponik, Pencak Silat, Drumben,  dan Albanjari yang dipaparkan oleh masing-masing pembina ekstrakulikuler. Dilanjutkan dengan berkeliling madrasah untuk mengenalan lingkungan fisik madrasah seperti ruang kelas,  ruang guru, perpustakaan, ruang kepala madrasah, ruang TU, kantin, UKS, dsb. Kegiatan diakhiri dengan tes baca Al-Qur’an oleh masing-masing guru tahfiz,

Rachima Dianovitasari Divian Khass, S.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan MATSAMA menyampaian rasa terimakasihnya kepada seluruh dewan guru atas dukungan dan kerjasamanya sehingga kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar. Begitu juga dengan pengurus OSIM yang ikut mengisi kegiatan MATSAMA sehingga kegiatan menjadi lebih meriah. Melalui kegiatan MATSAMA ini diharapkan peserta didik baru dapat lebih siap dan percaya diri untuk memulai tahun ajaran baru, dapat beradaptasi dengan teman, lingkungan madrasah, budaya dan dapat mengikuti program-program madrasah dengan baik. (lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA