MUNAQOSAH TAHFIDZUL QUR’AN MTS TERPADU AR ROIHAN LAWANG: TASMI’ MUNAQOSAH BIL GHAIB

 


MTs Terpadu Ar Roihan Lawang kembali gelar Munaqosah bagi peserta didik hafiz jus 30 dan jus 1 Sabtu (08/06) di Aula MTs Terpadu Ar Roihan Lawang. Turut hadir dalam kegiatan  tersebut Kepala MTs Terpadu Ar Roihan Lawang Redite Kurniawan, M.Pd., seluruh dewan guru, dan orang tua.

Peserta Munaqosah kali ini Andina Putri Anastasya (9A), Ratu Fika Mufid Al Bari' (9A), Sa'diyah Nur Hikmah (9A), Tiara Sri Mulyani (9A), dan Excell Ganendra Arinsa Maheswara (8B) sebagai peserta hafiz jus 30. Sedangkan Iis Indriyanni (7A) peserta hafiz jus 1. Bertindak sebagai munaqis Muhammad Ali Chusni, S.Pd.I., Riki Setiyobudi, S.HI., dan Luluk Muthaifah, S.Pd.I.

Kegiatan yang berlangsung pukul 08.30 – 12.00 WIB berjalan dengan hikmad. Diisi dengan berbagai acara yakni pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ananda Miqdaru Ahmad Nafi (8B), sambutan Kepala MTs Terpadu Ar Roihan Redite Kurniawan, M.Pd. dan proses Munaqosah. Dalam proses Munaqosah seluruh peserta menuju ke atas panggung untuk membacakan hafalan ayatnya secara klasikal maupun sambung ayat dengan disimak oleh dewan munaqis. Kegiatan diakhiri dengan penyematan slempang dan pemberian sertifikat tahfiz, acara  ditutup dengan sungkeman dan doa.

Dalam sambutannya Redite Kurniawan menyampaikan, “Saya berharap agar seluruh peserta Munaqosah kali ini lulus semuanya, karena tidak mudah untuk bisa menacapai hafalan jus 30  dan jus 1,  semua itu perlu usaha yang keras. Terlebih lagi di MTs Terpadu Ar Roihan banyak program-program dan kegiatan yang juga mereka ikuti. Mereka harus belajar, mengerjakan tugas, dan mengukuti kegiatan sekolah lainnya. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat mereka untuk   tetap menghafal Al-Qur’an.

 Tasmi’ Munaqosah di MTs Terpadu Ar Roihan ini delaksanakan dua kali dalam setahun. Di semester satu pada bulan November, di semester dua ini  pada bulan Juni dengan tujuan  untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam menghafal bacaan Al-Qur’an.Tentunya butuh persiapan untuk mengikuti Munaqosah ini, mereka setiap hari harus berlatih dan mengulang-ulang bacaannya supaya lancar.” lanjutnya.

Sebagai penutup Redite tak lupa memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta Munaqosah atas pencapaian hafalannya, semoga ilmunya bermanfaat baik di dunia  maupun kelak di akhirat. Dan berharap seluruh peserta Munaqosah tidak berhenti sampai di sini, tetapi  terus melanjutlkan dengan menambah hafalannya, karena dengan menghafal Al-Qur’an dapat mengangkat derajat kedua orang tua di hadapan Allah Swt. Tentunya kegiatan ini butuh dukungan dari semuanya supaya semakin banyak lagi peserta didik yang bisa menghafal Al-Qur’an. (lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA