UJIAN PRAKTIK TERBUKA SCHOOL BASED PROJECT AND RESEARCH MTS TERPADU AR ROIHAN: TUMBUHKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

 


MTs Terpadu Ar Roihan Lawang gelar Ujian Praktik Terbuka School Based Project and Research 2024 bagi kelas sembilan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula MTs Terpadu Ar Roihan Sabtu (25/5). Turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut seluruh dewan guru, wali murid kelas sembilan, peserta didik kelas tujuh dan kelas delapan.

Dalam sambutannya,  Kepala Madrasah Redite Kurniawan, M.Pd.  menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan setiap tahunnya dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas sembilan sebagai syarat kelulusan. Peserta didik bebas memilih satu tema project sesuai dengan minat dan bakatnya. Tak hanya itu kegiatan ini juga  menekankan pada pengembangan kreativitas  (creativity), berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah (critical thinking and problem solving), berkolaborasi/kerja sama (collaboration), dan kemampuan berkomunikasi (communication) pada peserta didik.

Bertindak sebagai penguji pada Ujian Praktik tersebut antara lain Redite Kurniawan, M.Pd., selaku Kepala MTs Terpadu Ar Roihan Lawang, Nina Dwi Yulia, M.Si., peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Dr. (C) Abdul Rahim Karim, M.Pd., selaku Dosen Pendidikan dari IAIN Palopo, Sulawesi Selata.

Kegiatan berlangsung pada pukul 08.00 – 13.00 WIB. Berbagai macam hasil project dipresentasikan di depan penguji oleh masing-masing peserta ujian diantaranya, Karya Tulis Ilmiah membuat mi dari talas dan susu biji labu, membuat video pendek, membuat video klip musik, menulis cerpen, membuat alat peraga peredaran darah, membuat game edukasi Matematika, membuat aplikasi Google Asisten menggunakan aplikasi Pyton, membuat miniatur water fall, membuat aquascave, pengolahan pangan, membuat kerajinan dari ban bekas, dan sebagainya.

Seluruh peserta ujian sangat antusias mengikuti ujian tersebut. Tidak hanya itu, para wali murid dan dewan penguji juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kegiatan Ujian Praktik Terbuka ini sangat menarik, apalagi disaksikan oleh para wali murid dan juga adik kelas. Tentunya orang tua pasti merasa bangga melihat penampilan anaknya. Selain itu juga dapat memotivasi bagi  adik kelas.” ujar Nina salah satu penguji.

“Pelaksanaan ujian sangat baik, lancar  dan terkoodinasi dengan baik.  Baik itu dari kesiapan acara maupun pelaksanaan presentasi para peserta ujian. Semoga kedepannya dapat lebih baik lagi.” imbuhnya.(lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA