MTS TERPADU AR ROIHAN LAWANG GELAR AKSI P5 SUARA DEMOKRASI: WUJUDKAN PEMILIHAN KETUA OSIM YANG LUBER JURDIL

 



MTs Terpadu Ar Roihan laksanakan Pemilihan Ketua OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) secara langsung, bertempat di aula MTs Terpadu Ar Roihan Jumat (08/03). Kegiatan tersebut sekaligus puncak kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema suara demokrasi.

Kegiatan yang berlangsung pukul 08.00-14.00 WIB tersebut didesain semirip mungkin seperti TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada umumnya. Sehingga peserta didik dapat menyimulasikan kegiatan pemungutan suara secara nyata dengan menerapkan asas LUBER JURDIL, mulai dari mengisi daftar hadir, mengambil kertas suara, mencoblos kandidat pada bilik suara, memasukkan kertas suara pada kotak suara, dan yang terahir memberikan tanda tinta pada  jari kelingking sebagai bukti telah melaksanakan pemilihan.

Keempat calon Ketua OSIM diantaranya Ashla Nafia Sakhira (7A), Muhammad Fahmi Nauwaf Yuchlan (7B), Lathifah Rahmah Ramadhani (8A), dan Rasya Rezky Praditya (8B) menyampaikan visi misinya sebelum kegiatan pemungutan suara dilaksanakan. Seluruh siswa baik kelas tujuh, delapan, dan sembilan terlibat aktif dalam pemungutan suara tersebut, begitu juga dewan guru dan staff MTs Terpadu Ar Roihan.

“Ini adalah salah satu ajang untuk belajar berdemokrasi, untuk itu marilah kita manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dengan praktik secara langsung memilih satu diantara empat kandidat yang ada. Kita bisa menyesuaikan pilihan kita berdasarkan visi misi yang telah dipaparkan oleh masing-masing calon Ketua OSIM. Mudah-mudahan satu diantara peserta didik MTs Terpadu Ar Roihan kelak menjadi orang besar yang nantinya bisa dipilih oleh masyarakat menjadi anggota legislatif, bupati, walikota, maupun menjadi presiden, dan tentunya akan membuat bangga  Bapak dan Ibu guru. ” tutur Redite Kurniawan, M.Pd dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Tak hanya proses pemungutan suara, kegiatan perhitungan suara pun juga dilaksanakan secara terbuka yang disaksikan oleh seluruh peserta didik dan beberapa saksi dari dewan guru. Dengan hasil perhitungan suara tertinggi diraih oleh Rasya Rezky Praditya (8B) yang secara otomatis menjabat sebagai Ketua OSIM MTs Terpadu Ar Roihan periode 2024/2025. Selanjutnya dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Osim lama Adzin Fawwaz Fahrezi (9B) pada Ketua OSIM  baru Rasya Rezky Praditya (8B).

Riki Setiyobudi, S.HI selaku Waka Kesiswaan menyampaikan, “Yang menjadi Ketua OSIM saat ini, bukanlah ditunjuk oleh Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Wali Kelas, maupun dewan guru. Tetapi dipilih berdasarkan keinginan seluruh peserta didik MTs Terpadu Ar Roihan. Harapannya Ketua OSIM terpilih dapat menahkodai organisasi ini dengan baik, sehingga kedepannya organisasi ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan.”

Di akhir sambutannya beliau berpesan bahwa ada dua hal yang wajib dipahami yakni, ‘Jadilah imam yang bisa dianut, jika tidak mampu maka jadilah anggota yang manut’ dan  berharap semoga kegiatan ini menjadi sarana untuk belajar menyuarakan demokrasi  serta membawa berkah bagi kita semua.(lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA