DUA SISWA MTS TERPADU AR ROIHAN RAIH MEDALI PERAK DALAM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL DAN INTERNASIONAL

 


Rahma Almira Ghassani kelas 9A dan Revand Yusni Endriyan kelas 8B raih medali perak dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scienties Associate (IYSA) ITS Surabaya yang resmi diumumkan pada Kamis, 21 Desember 2023 secara daring.

“Rahma mengikuti Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO), dengan mengusung karya tulis berjudul  Taro Based Noodles a Novel Gluten Free Alternative for Children with Special Dietary requirement’. Karya tulis tersebut berisi penelitian untuk mengeksplorasi formula dan evaluasi mi berbasis talas sebagai alternatif bebas gluten  baru yang disesuaikan dengan kebutuhan diet anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu banyak anak baik karena alergi, intoleransi, atau kondisi kesehatan yang mendasarinya membutuhkan  diet yang disesuaikan, khususnya diet karbohidrat. Alhamdulillah dalam kategori ini mendapatkan silver medal.” ujar Rachima Dianovitasari Divian Kass, S.Pd.   selaku pembimbing.

“Sedangkan Revand mengikuti National Applied Science Project Olympiad (NASPO) dengan karya tulis ilmiah berjudul ‘Inovasi Es Krim dari Limbah Kulit Buah Naga’, karya tulis tersebut berisi penelitian yang membahas tentang inovasi terbaru dalam pembuatan es krim yang memanfaatkan limbah kulit buah naga sebagai bahan utama. Karena jarang sekali produk es krim yang menggunakan limbah sebagai bahan baku utamanya, salah satunya adalah buah naga yang sering diabaikan dan dibuang. Memilih kulit buah naga karena mengandung sejumlah senyawa bioaktif dan nutrisi yang dapat memiliki potensi manfaat kesehatan seperti antiogsidan, kategori ini juga mendapatkan medali perak.” lanjut Rachima.

Pencapaian ini semakin mengukuhkan MTs Terpadu Ar Roihan yang telah mencetuskan diri sebagai madrasah riset dan  berkomitmen mencetak siswa yang memiliki jiwa peneliti dan berprestasi, serta mampu berdaya saing baik di tingkat nasional maupun internasional.(lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA