PESERTA DIDIK MTs TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI KUNJUNGAN BELAJAR KE INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL (ITN) MALANG

 


MTs Terpadu Ar Roihan melaksanakan kegiatan kunjungan belajar ke Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Kampus 2 yang terletak di Jalan Raya Karanglo KM 2 Tasik Madu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Kamis (5/10). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik MTs Terpadu Ar Roihan ini merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  dan Profil Pelajar Rahmatan Lilalamin dengan tema rekayasa teknologi.

Dengan didampingi oleh seluruh dewan guru, peserta didik tiba di Kampus ITN  pukul 08.30 WIB. Disambut hangat oleh Bapak Sumanto, wakil dekan 3 teknologi industri urusan kemahasiswaan, Ibu Puji, dosen dan penanggung jawab laboratorium bahasa Inggris, dan beberapa makasiswa dari teknik elektro di auditorium Fakultas Teknologi Industri dalam kegiatan seremonial.

“Saya sangat berterima kasih dan merasa tersanjung karena telah mempercayakan ITN menjadi salah satu tempat untuk menimba ilmu di luar sekolah, semoga apa yang telah diperoleh dari kegiatan ini dapat diambil sisi positifnya.” ucap Sumanto dalam sambutannya.

Selanjutnya Kepala MTs Terpadu Ar Roihan Redite Kurniawan, M.Pd menyampaikan, “Utuk implementasi P5 P2RA dengan tema rekayasa teknologi,  ITN adalah kampus yang paling tepat untuk belajar. Untuk itu saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak ITN yang telah  menyambut kedatangan MTs Terpadu Ar Roihan dengan baik dan mengizinkan untuk belajar.” 

Acara dilanjutkan dengan pengenalan profil ITN sebagai kampus biru oleh Ibu Puji. Dalam paparannya beliau menjelaskan bahwa ITN Malang adalah PTS terbaik se-Indonesia kategori institut yang memiliki dua fakultas dan satu program pascasarjana, delapan jurusan teknik industri, lima jurusan teknik sipil, dan tiga jurusan program pascasarjana. Disambung penjelasan tentang PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) oleh Geraldi salah satu perwakilan dari tim kunjungan PLTS.

Untuk memperjelas sistem kerja peserta didik melakukan observasi langsung ke tempat PLTS. Peserta didik mengamati panel surya yang ada di ITN Malang baik untuk PLTS off grid maupun PLTS on grid. Selanjutnya mengunjungi laboratorium energi sebagai tempat alat untuk mengonversikan sinar matahari menjadi arus listrik untuk PLTS off grid yang mana arus listik yang dihasilkan disimpan di dalam batrai. Selain itu juga mengunjungi power house yaitu tempat alat untuk mengonversikan sinar matahari menjadi arus listrik untuk PLTS on grid yang mana arus listrik yang dihasilkan langsung disalurkan ke PLN.

Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena mereka mendapatkan pengalaman baru  dan pembelajaran yang menyenangkan. Semoga apa yang telah diperoleh dapat dijadikan motivasi dan inspirasi.(lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA