PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW MENELADANI AKHLAK RASULULLAH MELALUI SIRAH NABAWIAH

 


Peringatan Maulid Nabi adalah kegiatan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw. yang jatuh pada tanggal 12 Rabiulawal. Peristiwa tersebut diperingati setiap tahunnya oleh umat Islam untuk mengenang  kembali sejarah dan perjuangan Beliau.

Jumat (29/9) MTs Terpadu Ar Roihan menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 12 Rabiulawal 1445 H. Kegiatan tersebut diselenggarakan di aula MTs Terpadu Ar Roihan diikuti oleh dewan guru, seluruh peserta didik kelas tujuh, delapan, dan sembilan dengan mengenakan busana putih. Peringatan yang mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah Melalui Sirah Nabawiah” ini berlangsung mulai pukul 07.00 - 10.45 WIB.  

“Peringatan Maulid ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar peserta didik dan pendidik, menjadi motivasi untuk mengangkat diri agar menjadi lebih baik dengan meneladani akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw. meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt. serta sebagai momentum besar dalam peringatan Maulid Nabi dengan kegiatan yang bermanfaat.” Ujar Ali Chusni, S.Pd selaku ketua panitia.

Peringatan Maulid Nabi diisi dengan berbagai rangkaian acara. Diawali dengan  pembacaan Maulid Ad Diba’i oleh tim albanjari MTs Terpadu Ar Roihan, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Madrasah yang diwakili oleh Muhammad Ali Chusni, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peringatan maulid Nabi ini adalah bagian dari ibadah, dan berpesan kepada seluruh peserta didik agar senantiasa mengingat sejarah Nabi Muhammad Saw. untuk diteladani dan diamalkan baik prilaku, ucapan, maupun  bagaimana cara Nabi Muhammad Saw. mengkondisikan hati. 

Puncak kegiatan ini adalah tausiah agama yang disampaikan oleh Ustazah Nabila Fairus, S.Ag. Ada beberapa hal yang disampaikan dalam tausiah beliau diantaranya, (1) Sejarah penciptaan Nabi Muhammad Saw. mulai dari penciptaan nur, kelahiran nabi, hingga masa remaja Beliau. (2) Sifat-sifat Nabi Muhammad Saw. yang memiliki sifat jujur dan ulet. (3)  Kisah sukses Nabi Muhammad Saw. saat berdagang bersama istrinya Siti Khadijah. (5) Bagaimana cara dakwah Nabi Muhammad Saw. bersama para sahabatnya yang mana Beliau berdakwa tidak hanya menggunakan ilmu dan harta tetapi juga dengan hati, Beliau tidak pernah menghardik dan selalu berdakwah dengan lemah lembut. Dan (6) Kisah sahabat yang mendampingi Beliau dalam berdakwa diantaranya Khalid bin Walid, Ali bin Abi Thalib, dan Umar bin Kattab. Acara semakin seru dengan pembagian door prize di akhir tausiah bagi yang dapat menjawab pertanyaan. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa oleh Moch Chosim, S.Pd. dan makan  buah bersama-sama sebagai bentuk rasa syukur.

Peringatan maulid nabi ini adalah wujud kecintaan kita kepada Nabi Muhammad Saw. Seluruh peserta didik diharapkan dapat mengambil hikmah dari perayaan ini. Serta dapat meneladani prilaku dan perbuatan mulia Nabi Muhammad Saw dan menanamkannya dalam keseharian mulai dari hal yang kecil hingga hal yang besar, mulai dari urusan dunia hingga urusan akhirat.(lat)

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA