PROGRAM AKSI BERGIZI MTS TERPADU AR ROIHAN BERSAMA UPT PUSKESMAS LAWANG

 


Jumat (11/8) seluruh siswa MTs Terpadu Ar Roihan sudah memenuhi Lapangan Segitiga Lawang sejak pukul 08.00 pagi untuk melaksanakan senam bersama yang dipandu oleh anggota OSIM MTs Terpadu Ar Roihan dan didampingi oleh dewan guru MTs Terpadu Ar Roihan serta beberapa petugas dari UPT Puskesmas Lawang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Program Aksi Bergizi kerja sama MTs Terpadu Ar Roihan bersama UPT Puskesmas Lawang yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pola makan sehat dan gaya hidup aktif bagi remaja.

Tidak hanya senam bersama, berbagai rangkaian kegiatan juga dilaksanakan setelahnya dengan melibatkan beberapa dokter dan petugas UPT Puskesmas Lawang diantaranya drg. Fifah (dokter gigi), dr. Ashary (dokter umum), Evy Sri Wahyuni (ahli gizi), Nunik Wahyuni (bagian farmasi), Siti Zulaehah (bagian kesehatan lingkungan), Yustifin Nadya (bagian promosi kesehatan), Ema Kurniatus (bidan desa), Sisca W (perawat), Mika Sinta (perawat), dan beberapa mahasiswa jurusan farmasi.

Setelah senam bersama, kegiatan dilanjutkan dengan skrining kesehatan umum secara individu bagi siswa kelas tujuh dan penyuluhan tentang Aksi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) bagi siswa kelas delapan dan sembilan. Kegiatan skrining kesehatan umum dilaksanakan di MTs Terpadu Ar Roihan meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tensi darah,  gigi, mulut, kesehatan umum, dan skrining kesehatan mental siswa.

Kegiatan penyuluhan tentang aksi GERMAS dilaksanakan di Lapangan Segitiga Lawang yang disampaikan oleh Bidan Ema Kurniatus. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang pentingnya melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan beberapa cara, yang pertama melakukan aktivitas fisik seperti berolah raga. Kedua, menjaga pola makan dengan gizi seimbang dengan memperbanyak mengonsumsi protein, buah, dan sayuran, serta mengurangi konsumsi karbohidrat, gula, dan garam. Ketiga, tidak merokok dan keempat menjaga pola tidur/istirahat.

Penyuluhan kedua disampaikan oleh  Ibu Nunik Wahyuni selaku bagian farmasi UPT Puskesmas Lawang. Beliau menyampaikan tentang pentingnya menjaga imunitas sebagai pertahanan tubuh. Mengingat banyak sekali virus dan bakteri yang tersebar di sekitar kita khususnya bakteri penyebab TBC (Tuberkulosis). Agar kita tidak mudah terjangkit virus maupun bakteri kita harus menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan sehat, tidur yang cukup, dan menjaga kebersihan. Kegiatan ditutup dengan makan bersama bekal sehat yang telah dibawa dari rumah dengan menu nasi, sayur sup, ayam, tahu, tempe, dan buah.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh siswa MTs Terpadu Ar Roihan dapat meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan seperti makan-makanan instan, minum-minuman yang banyak mengandung gula, merokok, dan begadang untuk bermain game. Serta mulai meningkatkan kesadaran diri tentang pentingnya pola makan sehat dan gaya hidup aktif.

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA