MTS TERPADU AR ROIHAN LAKSANAKAN UJIAN PRAKTIK TERBUKA “SCHOOL BASED PROJECT” BAGI SISWA KELAS IX

 




Sabtu (27/5/23), MTs Terpadu Ar Roihan kembali melaksanakan Ujian Praktik Terbuka School Based Project bagi siswa kelas sembilan. Ini merupakan tahun ke dua MTs Terpadu Ar Roihan menyelenggarakan ujian praktik secara terbuka. Ujian tersebut dilaksanakan di Aula MTs Terpadu  Ar Roihan dengan dihadiri oleh wali murid kelas sembilan, para dewan guru, siwa kelas tujuh dan kelas delapan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian ujian akhir yang harus dipenuhi oleh  siswa kelas sembilan selain Asesmen Madrasah yang baru saja rampung minggu lalu. Tidak hanya sebagai syarat kelulusan, ujian ini sebagai realisasi pembelajaran abad 21 yang mengacu pada revolusi industri 4.0  yang menekankan pada adanya creativity (kreativitas), critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah), collaboration (berkolaborasi/kerja sama), communication (mampu berkomunikasi) pada setiap peserta didik. Kegiatan ini juga sebagai wujud Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan Ujian Praktik Terbuka ini dimulai pukul 08.00 – 13.30 WIB. Dalam prosesnya masing-masing peserta ujian harus mempresentasikan produk yang telah dibuat di depan para penguji diantaranya           Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd selaku Direktur YLPI Ar Roihan, Redite Kurniawan, M.Pd, Kepala MTs Terpadu Ar Roihan Lawang, Syahroni Wahyu Iriananda, S.T, M.T, Dosen IT Universitas Widyagama Malang, Sri Widyowati Kinasih, S.Pd, guru penggerak dan pegiat litersi nasional dari SDN 3 Tirtomoyo, Singosari, serta Iva Arianti, S.Pd, Guru MI Ar Roihan Lawang. Para penguji dibuat kagum melihat hasil produk yang diperesentasikan oleh para peserta ujian diantaranya film pendek, artikel berita tentang situs bersejarah, terarium sebagai miniatur ekosistem buatan, solar sistem worker alat peraga proses revolusi planet pada tata surta, video klip musik, cerpen, bioteknologi membuat yogurt dan tempe menjadi brownis dan es krim, pengolahan bahan pangan kripik labu dan bolen pisang, serta  daur ulang limbah (plastik, kayu, ban bekas) menjadi produk yang memiliki nilai guna seperti pot bunga, aquarium, dan hambalan.

Dengan persiapan yang tidak mudah dan menguras banyak waktu, akhirnya terbayar lunas dengan penampilan para peserta ujian yang luar biasa. Tidak hanya para peserta ujian, tetapi seluruh guru pembimbing juga merasa lega dan bahagia ujian praktik berjalan dengan lancar. Selain itu, karena para penguji sangat mengapresiasi semua produk yang telah dipresentasikan, mereka juga berpesan agar tidak berhenti berkarya. Ke depannya semoga bisa membuat produk lebih banyak dan lebih inovatif lagi.

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA