PERKUAT PENGETAHUAN KESEHATAN, PMR MTS TERPADU AR ROIHAN LAKSANAKAN KUNJUNGAN KE RS LAWANG MEDIKA

         



Rabu (15/3/23) Siswa MTs Terpadu Ar Roihan yang tergabung dalam ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) melaksanakan kunjungan ke RS Lawang Medika. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 siswa dan didampingi oleh 3 guru yakni Lu’Lui’il Mahfudloh, S.Psi selaku pembina ekstrakulikuler PMR, Rachima Dianovitasari Divian Kass, S.Pd, dan Muhammad Zidane. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan keilmuan bagi peserta ekstrakulikuler PMR ini dimulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Kegiatan kunjungan ini diawali dengan sambutan dari pihak RS Lawang Medika dan dilanjutkan pengisian kuisioner oleh siswa tentang “Dampak Kelainan Refleksi dan Kesehatan Mata Remaja pada Penggunaan Gadget Berlebihan”. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Penerapan Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) oleh dr.Noerdian Syah. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang alasan mengapa kita harus menerapkan PHBS khususnya di lingkungan sekolah. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa terdapat sepuluh indikator PHBS di sekolah yakni, mencuci tangan menggunakan air dan sabun, menggunakan masker bersih, menjaga jarak dalam era pandemi, mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, menggunakan air bersih, membuang sampah pada tempatnya, menggunakan jamban sehat, berperan aktif mewujudkan lingkungan bebas jentik nyamuk, berperan aktif mewujudkan lingkunan sekolah bebas asap rokok, dan melakukan pergaulan sehat.

Kegiatan berlanjut dengan  pemberian materi tentang kesehatan mata oleh dr. Yurike Mandrasari, Sp.M selaku dokter spesialis mata di RS Lawang Medika. Beliau menyampaikan tips bagaimana cara menjaga kesehatan mata dengan rumus 20-20-20 yakni, 20 menit konsentrasi HP/laptop, 20 detik istirahat, 20 detik melihat pandangan jauh 20 kaki atau 6 meter. Selanjutnya siswa melakukan hospital tour dan pemeriksaan mata/buta warna, serta diakhiri dengan kegiatan kuis dan pembagian door prize bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar.

        Seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, selain kegiatannya yang menyenangkan mereka juga banyak mendapatkan wawasan baru khususnya bagaimana cara menerapkan PHBS di sekolah dan menjaga kesehatan mata. Sebagai tindak lanjut kegiatan ini mereka nantinya akan mempresentasikan  apa yang mereka pelajari tentang PHBS dan bagaimana cara menjaga kesehatan mata kepada siswa lain yang tidak mengikuti kegiatan tersebut.





Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA