UPT PUSKESMAS LAWANG LAKSANAKAN SKRINING UMUM DAN ANEMIA BAGI SISWA MTS TERPADU AR-ROIHAN


Kegiatan Skrining Umum dan Anemia  oleh UPT Puskesmas Lawang bagi siswa MTs  Terpadu Ar Roihan  dilaksanakan di MTs Terpadu Ar Roihan pada hari Rabu (15/02/23). Kegiatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini kesehatan umum, gigi, mulut, dan kondisi anemia ini dikhususkan untuk siswa kelas 7.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Kegiatan diawali dengan sosialisasi “Implementasi Aplikasi Ceria” (Cegah Anemia Remaja Putri Indonesia) ke masing-masing kelas oleh 1 mahasiswa D4 Promosi Kesehatan dan 3 mahasiswi D3 gizi. Aplikasi Ceria tersebut berisi sarana untuk melakukan pencatatan dan pelaporan data secara elektronik untuk konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) bagi remaja putri, sebagai sumber informasi  untuk remaja putri mengenal TTD dan anemia, serta sebagai pengingat minum TTD setiap minggu. Melalui sosialisasi ini diharapkan remaja putri menggunakan aplikasi ceria tersebut  sebagai sarana untuk informasi pencegahan anemia bagi remaja.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan siswa secara individu oleh dr Mukti, dr Erin, Bu Dian selaku Koordinator Program PKPR (Pengembangan Kesehatan Peduli Remaja), Bu Ema (Koordinator Program Promosi Kesehatan), dan  Bu Lina (Koordinator Upaya Kesehatan Sekolah), serta dibantu oleh Bu Anggra selaku bidan desa dan Bu Sisca selaku perawat desa. Kegiatan pemeriksaan meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tensi darah,  gigi, mulut, kesehatan umum, dan pemeriksaan kondisi anemia melalui tes darah.

Kegiatan Skrining Umum dan Anemia ini berjalan dengan lancar, seluruh siswa sangat antusias mengikuti tahapan demi tahapan pemeriksaan. Semoga kedepannya kegiatan ini dapat terus terlaksana setiap tahunnya karena membawa dampak positif bagi siswa.


Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA