MASTER AR-ROIHAN SOSIALISASIKAN PROGRAM DAN PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI




Kondisi saat ini memang mengharuskan ada beberapa program dan pembelajaran yang sedikit "berubah" selama pandemi covid-19 belum menunjukkan kurva yang menurun. Madrasah Tsanawiyah Terpadu Ar-Roihan yang terletak di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur menurut Satgas Penanggulangan dan Percepatan covid-19 juga masih dinyatakan dalam zona oranye pada pertengahan Juli 2020. Oleh karenanya perlu adanya sosialisasi program madrasah dan pembelajaran pada siswa selama masa pendemi ini. Sosialisasi ini dilaksanakan pada Selasa (14/7) dan Rabu (15/7) dengan sasaran kelas 8 dan kelas 9 dan dilakukan secara daring pula.
Sosialisasi via aplikasi zoom selama dua hari yang berlangsung dari pukul 07.30 hingga pukul 10.00 WIB itu menjelaskan tentang kurikulum darurat, kurikulum yang dibuat khusus Master Ar-Roihan Lawang selama siswa masih melaksanakan BDR (Belajar dari Rumah). Pembelajaran di Master Ar-Roihan yang biasanya dilakukan full day di sekolah, kini harus dilakukan melalui online. Tentu ada pemangkasan jam belajar di rumah dengan online karena tidak mungkin anak-anak harus berhadapan dengan laptop atau gawainya sepanjang durasi tersebut. Aplikasi yang digunakan adalah Elearning Madrasah, namun masih membuka kesempatan bagi para guru untuk menggunakan aplikasi pembelajaran lain atau dalam bentuk printout/cetak.
Di sisi lain, program madrasah literasi yang sudah dicanangkan oleh Master Ar-Roihan harus tetap berjalan. Untuk menyiasati siswa supaya tetap membaca di rumah, maka para siswa diharuskan mengunduh aplikasi iPusnas, aplikasi yang memungkinkan siswa membaca dan meminjam buku secara online dari Perpustakaan Nasional Kemendikbud. Selain itu siswa juga diarahkan untuk menulis resensi buku yang sudah dibaca, sehingga terbentuk habituasi baca-tulis atau literasi secara umum pada siswa Master Ar-Roihan. Kegiatan-kegiatan positif selama di rumah juga ditekankan pada para siswa yang masih melaksanakan BDR. Sholat wajib maupun sunnah dan mengaji yang selama ini menjadi bagian tak terpisahkan dari karakter Master Ar-Roihan juga selalu diingatkan pada para siswa selama berada di rumah.

Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA