Master Ar-Roihan Siap Melaksanakan E-Learning Madrasah Tahun Ajaran 2020/2021




Berdasarkan data Satgas Penanggulangan Covid-19 pada bulan Juni 2020 menunjukkan bahwa daerah dengan zona merah, oranye, dan kuning masih banyak di Indonesia. Sebanyak 429 kabupaten dan kota masih terdampak penyebaran virus yang masih menjadi pusat perhatian dunia ini. Padahal dalam zonasi yang dianggap berbahaya tersebut sekitar 94% peserta didik berada. Maka pada satuan pendidikan pada zona-zona tersebut dianjurkan tetap melanjutkan Belajar dari Rumah (BDR) pada tahun ajaran baru 2020/2021 yang berawal pada bulan Juli.

Menyikapi hal tersebut, Madrasah Tsanawiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang sudah mengantisipasi dengan melakukan pembelajaran yang disusun secara sistematis melalui aplikasi E-Learning Madrasah. E-Learning Madrasah adalah produk dari madrasah bertujuan untuk menunjang proses pembelajaran di satuan RA, MTs, dan MA yang dirancang lebih terstruktur, menarik, dan interaktif. Aplikasi ini memiliki 6 role akses, yaitu: operator madrasah, guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling, wali kelas, siswa, dan supervisor serta jajarannya.

Aplikasi dalam satu pintu ini akan lebih memudahkan pada guru dan siswa untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran. Tampilannya yang mirip platform media sosial juga memudahkan pada siswa untuk mengoperasikannya. Di dalamnya bukan hanya terdapat bentuk soal-soal yang harus dijawab, tetapi juga ada materi pengayaan, buku-buku, video, serta hal lain yang dapat dibagikan guru pada siswa selama belajar dari rumah (BDR). 

Sementara itu, selama pandemi covid-19 yang berlangsung 6 bulan terakhir ini, guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Terpadu (Master) Ar-Roihan sebenarnya sudah melaksanakan pembelajaran daring dengan berbagai platform digital. Platform tersebut di antaranya adalah: google form, google classroom, survey, whatsapp, youtube, dan sebagainya. Tentu masih ada kendala di sana sini dalam proses dan hasil assessment yang dilaksanakan oleh para guru dengan alikasi yang tersebar seperti itu. Namun kini dengan satu pintu platform E-Learning Madrasah diharapkan proses pembelajaran jauh lebih maksimal pada tahun ajaran baru 2020/2021. Dan yang jauh lebih penting, Master Ar-Roihan siap menyongsong BDR tahun ajaran baru dengan pembelajaran E-Learning Madrasah.

Comments

  1. Alhamdulillah semoga dengan pembelajaran E-Learning dapat membantu anak anak belajar di rumah secara maksimal,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU MTS TERPADU AR-ROIHAN LAWANG TAHUN AJARAN 2021/2022

LOMBA MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG BULAN BAHASA DAN SASTRA TINGKAT SD/MI SE-MALANG RAYA

PESERTA DIDIK MTS TERPADU AR ROIHAN ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI DARI TIM RBA